30 Contoh Gambar Desain Filter Aquarium Arwana Lengkap Terbaru


Filter Aquarium Arwana - Setiap orang yang suka memelihara ikan dapat mendesain sebuah aquarium yang indah dengan caranya yang mudah. Ukuran aquarium yang dibuat sendiri dapat disesuaikan dengan meja dan ruangan yang ada di dalam rumah.

Aquarium yang indah perlu dibuat dengan menambahkan filter di dalamnya. Filter pada aquarium berguna untuk membersihkan air dari kotoran, menghilangkan racun ammonia dan nitrat, agar air dapat bernafas. Desain filter aquarium arwana harus dipilih dengan tepat agar dapat digunakan dengan baik pada aquarium. Tak heran jika banyak orang yang membuat filter sendiri, agar dapat disesuaikan dengan kondisi aquarium.

Kumpulan Contoh Gambar Desain Filter Aquarium Arwana

Tips Desain Filter Aquarium Arwana

Filter sebagai media yang berguna untuk mengatur arah aliran air yang dibelok-belokkan ke atas dan ke bawah yakni memaksa air kotor dari aquarium untuk lewat, agar diperoleh nilai efektifitas yang diinginkan. Filter tidak dipasang secara permanen dalam aquarium, agar memudahkan untuk mengangkat dan membersihkannya. Filter dapat didesain dengan menggunakan bahan yang mudah dicari, seperti filter spon. Berikut beberapa tips desain filter aquarium arwana dengan menggunakan spon, antara lain:

1. Pilih Slang Plastik

Slang palstik yang dipilih tentu yang memiliki ukuran cukup besar dan muat di katup masuk (intake valve) pada powerhead Slang yang akan digunakan tidak harus panjang, karena powerhead akan tenggelam di dalam air. Gunakanlah slang yang memiliki ukuran panjang minimal dua kali dari tinggi spons. Powerhead yang akan digunakan pun tentu saja yang dapat memompa air dua kali perjam lebih banyak dari yang sudah ada di tangki.

2. Pilih Spons Filter

Spons yang telah dipilih dapat diukur sesuai dengan tangki yang akan digunakan. Bentuk spons yang akan digunakan dapat berupa bentuk segitiga dan silinder. Bentuk spon yang dipilih juga harus lebih besar lebar dari slang plastik. Spons yang akan digunakan untuk desain filter aquarium arwana adalah spons yang berpori besar, karena bagus untuk menampung bakteri dan dapat membantu membersihkan tangki aquarium.

3. Tandai Slang Plastik dan Buat Lubang

Tanda harus diletakkan sama tinggi dengan spons, karena akan membuat lubang udara di bawah tanda tersebut. Pembuatan lubang pada slang dapat menggunakan paku yang telah dipanaskan atau bor listrik. Lubang dibuat sebanyak 8-10 per 2,5 cm slang plastic.

4. Sumbat Bagian Dasar Slang

Ujung slang yang berlubang harus disumbat terlebih dahulu dengan menggunakan sterofoam, karena slang akan dimasukkan dalam spons. Spons dapat dilunagi dengan menggunakan jari, hingga kemudian dapat menyelipkan slang ke dalamnya, sehingga semua lubang pada slang tertutup dengan spons.

5. Pasang Slang Plastik

Slang plastic dipasangkan ke katup masuk pada powerhead, karena powerhead akan mengisap air sehingga mengalir melalui spons. Spon berfungsi untuk menyaring semua serpihan dan kotoran yang ada dalam aquarium.

6. Potong Slang Saluran Udara

Slang saluran udara dipotong lalu dapat disambungkan ke katup keluar pompa udara. Ukuran slang saluran udara tidak harus panjang, hanya memiliki panjang kira-kira 8-10 cm. Saluran ini akan berfungsi untuk mengalirkan air bersih.

7. Letakkan Filter

Filter diletakkan pada tangki aquarium ikan. Pompa udara yang dilengkap dengan cangkir pengisap dapat digunakan untuk menempelkannya ke dinding tangki aquarium. Sudut keluaran dapat diatur dengan tepat agar air keluar dekat permukaan air.

Proses desain filter aquarium arwana sangatlah mudah, karena semua bahan yang akan digunakan dapat dicari dengan mudah. Ikan arwana dipelihara dengan aquarium yang berukuran besar, sehingga filter harus didesain sesuai dengan ukuran aquarium tersebut. Lakukan perawatan pada filter aquarium, agar ikan dapat nyaman dan leluasa berada dalam aquarium.

Daftar Isi